26 Oktober 2022
Syarat dan Ketentuan ini adalah perjanjian antara anda selaku pihak pengguna (“Anda/Pengguna”) dan kami PT Perawat Harapan Bangsa (“Perawat ID/Kami”) untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin muncul di masa mendatang.
Selengkapnya terkait Syarat dan Ketentuan dapat Anda baca di bawah ini.
A. PENGANTAR
1. Ketentuan Umum
BACALAH SELURUH SYARAT DAN KETENTUAN INI SEBELUM MENGAKSES ATAU MENGGUNAKAN APLIKASI PERAWAT ID.
Syarat dan Ketentuan ini adalah perjanjian antara anda selaku pihak pengguna
(“Anda/Pengguna”) dan kami PT Perawat Harapan Bangsa (“Perawat
ID/Kami”), sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah
berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di Makassar. Syarat dan
Ketentuan ini mengatur akses dan penggunaan Anda atas aplikasi, situs web
(www.perawat.id dan situs web lain yang Kami kelola apabila ada), konten dan produk
yang disediakan oleh Kami dan/atau afiliasi Kami (selanjutnya, secara bersama-sama disebut
sebagai “Aplikasi”), serta pemesanan, pembayaran atau penggunaan layanan yang tersedia pada
Aplikasi yang disediakan oleh Kami dan/atau afiliasi Kami (“Layanan”).
Dengan
menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda juga menyetujui Syarat dan Ketentuan tambahan pada
setiap Layanan beserta perubahannya (apabila ada), yang merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini (selanjutnya, Syarat dan Ketentuan, Syarat dan
Ketentuan tambahan, dan perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Syarat dan
Ketentuan”). Meskipun merupakan satu kesatuan, Syarat dan Ketentuan tambahan
akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Syarat dan Ketentuan ini.
2. Penggunaan Aplikasi dan Layanan
Akses dan penggunaan Aplikasi tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini.
Anda mempunyai kebebasan penuh untuk memilih menggunakan Aplikasi atau aplikasi lain,
menggunakan Layanan yang tersedia pada Aplikasi atau tidak, atau berhenti menggunakan
Aplikasi.
Kami hanya memfasilitasi Anda untuk menemukan berbagai Layanan yang Anda
perlukan dengan menyediakan Aplikasi. Semua Layanan (kecuali dinyatakan sebaliknya)
disediakan secara langsung oleh pihak ketiga independen yang setuju menjadi mitra Kami
(“Penyedia Layanan”).
Ketika memesan Layanan, Aplikasi akan menghubungkan Anda dengan
Penyedia Layanan yang tersedia di sekitar lokasi Anda. Dengan demikian, beberapa Layanan
tidak dapat digunakan bila Anda tidak mengaktifkan fitur penentuan lokasi.
Selanjutnya, jika Penyedia Layanan menerima pesanan Anda, Kami akan menginformasikan
status pesanan Anda melalui Aplikasi.
B. APA SAJA YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG APLIKASI PERAWAT ID?
1. Pembukaan dan Pengaksesan Akun Perawat ID
Sebelum menggunakan Aplikasi, Anda harus menyetujui Syarat dan Ketentuan ini
dan Kebijakan Privasi pada website atau aplikasi mobile dan mendaftarkan diri Anda
dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami. Saat melakukan pendaftaran, Kami akan
meminta Anda untuk memberikan nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon seluler pribadi
Anda yang sah. Anda dapat mengubah informasi data diri Anda pada fitur pengaturan dalam
Aplikasi.
Setelah melakukan pendaftaran, sistem Kami akan menghasilkan kode
verifikasi secara otomatis dan mengirim kode verifikasi tersebut melalui pesan singkat ke
nomor telepon genggam yang Anda berikan. Anda perlu melakukan verifikasi dengan memasukan
kode verifikasi tersebut pada halaman pendaftaran di Aplikasi.
Setelah melakukan verifikasi, sistem Kami akan membuatkan akun Perawat ID pribadi
(“Akun”) atas nama yang terdaftar untuk Anda menggunakan Aplikasi dan memesan Layanan
melalui Aplikasi. Nomor telepon genggam Anda melekat pada Akun Anda sehingga Anda tidak bisa
membuat Akun baru dengan nomor telepon genggam yang sudah didaftarkan. Hal yang sama juga
berlaku apabila di kemudian hari Anda mengubah nomor telepon genggam Anda pada menu
pengaturan di Aplikasi.
Dalam hal Anda telah keluar dari Akun Anda, maka Anda perlu memasukan alamat surat
elektronik atau nomor telepon genggam yang anda berikan pada saat mendaftarkan diri Anda dan
memasukan kode verifikasi, yang kemudian dikirim secara otomatis oleh sistem Kami ke nomor
telepon genggam terdaftar Anda, pada halaman pengaksesan.
KODE VERIFIKASI (ONE TIME PASSWORD/OTP) DIHASILKAN SECARA OTOMATIS OLEH SISTEM KAMI. KAMI TIDAK MENGETAHUI DAN TIDAK PERNAH MEMINTA KODE VERIFIKASI ANDA. JANGAN PERNAH MEMBERITAHUKAN KODE VERIFIKASI ANDA KEPADA SIAPAPUN BAHKAN KEPADA KAMI ATAU PIHAK LAIN YANG MENGAKU SEBAGAI PERWAKILAN KAMI.
2. Fitur Otentikasi Perangkat
Jika Anda menggunakan perangkat yang mendukung fitur sidik jari (fingerprint) dan/atau pengenalan wajah (facial recognition), Anda dapat mengaktifkan fitur otentikasi perangkat tersebut untuk masuk ke Aplikasi kami.
Ketika Anda mengaktifkan fitur sidik jari dan / atau pengenalan wajah di perangkat
seluler Anda untuk keperluan otentikasi di Aplikasi, harap dicatat bahwa Kami tidak
menyimpan data biometrik tersebut. Kecuali jika diberitahukan sebaliknya kepada Anda, data
tersebut disimpan di perangkat seluler Anda dan juga dapat disimpan oleh pihak ketiga,
seperti pabrik pembuat perangkat Anda. Anda setuju dan mengakui bahwa kami tidak bertanggung
jawab atas akses atau kehilangan yang tidak sah terhadap data biometrik yang disimpan di
perangkat Anda.
Jika Anda mengganti perangkat seluler Anda, OTP masih akan diperlukan bagi Anda untuk
masuk ke Aplikasi. Jika Anda ingin mengaktifkan fitur otentikasi perangkat di perangkat baru
Anda, Anda dapat melakukannya di pengaturan perangkat seluler Anda.
3. Biaya dan Pembayaran
Pengunduhan Aplikasi Kami adalah bebas biaya. Namun, Kami dapat mengenakan biaya untuk penggunaan fitur tertentu pada Aplikasi di kemudian hari.
Layanan yang tersedia pada Aplikasi dikenakan biaya yang dapat Anda temukan pada Aplikasi
sebelum Anda memesan Layanan tersebut. Kami dapat mengubah atau memperbaharui biaya dari
waktu ke waktu berdasarkan faktor tertentu, antara lain lokasi, waktu, jenis Layanan dan
Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Kami juga dapat membebankan harga dan/atau biaya
dengan besaran tertentu sebagai pembayaran untuk penggunaan Aplikasi yang dapat dipungut
oleh Kami, afiliasi Kami, atau Penyedia Layanan. Untuk menghindari keragu-raguan, peraturan
perundang-undangan yang berlaku berarti seluruh undang-undang yang berlaku, anggaran rumah
tangga, perundangan, peraturan, kebijakan peraturan, ordonansi, protokol, kode industri,
kode lalu lintas jalan, izin peraturan atau persyaratan dari pengadilan, tribunal, atau
pemerintah apa pun, pengesahan, peraturan, peradilan, administratif atau otoritas atau
badan pengawas, yang berlaku dari waktu ke waktu selama jangka waktu Syarat dan Ketentuan
ini (“Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku”).
Anda dapat melakukan pembayaran terhadap layanan jasa dari Penyedia Layanan atau
Penawaran yang Anda akses atau gunakan dengan uang tunai atau melalui metode pembayaran
elektronik, yang disediakan oleh pihak ketiga independen (“Penyedia Metode Pembayaran”),
pada Aplikasi, termasuk uang elektronik, fasilitas pinjaman, tagihan perusahaan (dengan
menggunakan Akun pengguna yang sah yang terhubung dengan akun pemberi pekerjaan Anda) kartu
debit atau kredit, rekening bank, atau metode pembayaran lain (“Metode Pembayaran”) yang
dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya.
Untuk dapat melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran, Anda harus terdaftar secara
resmi pada Penyedia Metode Pembayaran yang Anda pilih dan menggunakan kredensial pembayaran
Anda sendiri. Dalam hal Anda menggunakan kredensial terdaftar pihak lain, Anda bertanggung
jawab secara penuh atas semua perizinan yang diperlukan dan semua kerugian atau sengketa
yang timbul antara Anda dan pihak lain tersebut, baik karena kelalaian atau kesalahan Anda,
Kami, Penyedia Layanan, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Kami
berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran Anda melalui Metode
Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau
Kami mempunyai alasan yang cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran
Syarat dan Ketentuan, pelanggaran atas Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku termasuk
yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi
pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan
lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Anda kepada
Kami.
4. Konten, Informasi dan Promosi
Kami atau pihak lain yang bekerja sama dengan Kami dapat menyediakan Konten Pihak Ketiga yang
dapat Anda temukan pada Aplikasi. Dalam hal Konten Pihak Ketiga disediakan oleh pihak lain
yang bekerja sama dengan Kami (“Penyedia Konten Pihak Ketiga”), Kami tidak bertanggung jawab
atas bagian apapun dari isi Konten Pihak Ketiga. Akses atau penggunaan Anda terhadap Konten
Pihak Ketiga tersebut merupakan bentuk persetujuan Anda untuk tunduk pada syarat dan
ketentuan yang ditetapkan oleh Kami dan Penyedia Konten Pihak Ketiga, termasuk terhadap
Kebijakan Privasi Kami atau kebijakan privasi Penyedia Konten Pihak Ketiga.
Konten
Pihak Ketiga adalah setiap dan/atau seluruh informasi dan penawaran barang dan/atau
jasa, yang dibuat dan/atau disusun dan/atau dikembangkan dan/atau dikelola oleh Penyedia
Konten Pihak Ketiga termasuk namun tidak terbatas pada teks atau tulisan, gambar, quotes
atau kutipan, foto, ilustrasi, animasi, video, rekaman suara atau musik, judul, deskripsi
dan/atau setiap data dalam bentuk apapun yang disediakan oleh Penyedia Konten Pihak Ketiga
untuk ditampilkan pada Aplikasi Perawat ID, termasuk setiap tautan yang menghubungkan
kepadanya. Untuk menghindari keraguan, Konten Pihak Ketiga mencakup pula setiap dan/atau
seluruh penawaran barang dan/atau jasa, informasi, data, berita aktual, tulisan, gambar,
kutipan, foto, ilustrasi, animasi, video, rekaman suara, yang diperoleh Penyedia Konten
Pihak Ketiga dari pihak ketiga, di mana Penyedia Konten Pihak Ketiga telah memiliki
kewenangan untuk menggunakan dan mendistribusikan konten tersebut.
Kami atau pihak
lain yang bekerja sama dengan Kami dapat memberikan penawaran atau promosi (“Penawaran”)
yang dapat ditukar dengan barang, Layanan atau manfaat lain terkait dengan penggunaan
Aplikasi. Dalam hal Penawaran disediakan oleh pihak lain yang bekerja sama dengan Kami
(“Penyedia Penawaran”), Kami tidak bertanggung jawab atas bagian apapun dari isi Penawaran
tersebut. Akses atau penggunaan Anda terhadap Penawaran merupakan bentuk persetujuan Anda
untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kami atau Penyedia Penawaran,
termasuk terhadap Kebijakan Privasi Kami atau Penyedia Penawaran.
Semua informasi,
Penawaran yang terdapat pada Aplikasi hanya dimaksudkan untuk memberikan Anda pengalaman
terbaik ketika menggunakan Aplikasi atau Layanan. Anda tidak boleh menyalahgunakan Penawaran
yang Anda terima selama penggunaan Aplikasi atau Layanan.
Anda setuju untuk
menggunakan Penawaran tersebut sesuai dengan syarat, ketentuan, dan maksud dari pemberian
Penawaran dan tidak akan menyalahgunakan, menggandakan, menguangkan, mengalihkan,
menggunakan untuk kepentingan komersial atau mengambil keuntungan dengan tidak wajar dari
promosi tersebut dengan bentuk atau cara apapun.
Anda memahami bahwa Penawaran tidak dapat ditukar dengan uang tunai, memiliki masa
keberlakuan yang terbatas dan tunduk pada ketentuan yang berlaku untuk setiap Penawaran
tersebut.
5. Informasi Pribadi
Pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan dan pembagian informasi pribadi Anda, seperti data identitas, data kontak, dan data lokasi Anda yang Anda berikan ketika Anda membuka Akun tunduk pada Kebijakan Privasi Perawat ID, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.
6. Perangkat Lunak Aplikasi
Kami hanya menyediakan perangkat lunak Aplikasi yang resmi pada pasar digital resmi, seperti Google Play Store atau Apple App Store, dan untuk digunakan hanya pada perangkat telepon genggam atau tablet. Mengunduh Aplikasi dari tempat lain selain pasar digital resmi dan/atau ke dalam perangkat lain selain telepon genggam atau tablet merupakan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
C. APA SAJA TANGGUNG JAWAB ANDA SEBAGAI PENGGUNA PERAWAT ID?
1. Akun Anda
Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. Kami berhak menolak untuk memfasilitasi pesanan jika Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah mengalihkan atau membiarkan Akun Anda digunakan oleh orang lain.
Keamanan dan kerahasiaan Akun Anda, termasuk nama terdaftar, alamat surat elektronik
terdaftar, nomor telepon genggam terdaftar, rincian pembayaran dan Metode Pembayaran yang
Anda pilih, serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kami atau Penyedia
Metode Pembayaran sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Anda. Semua kerugian dan
risiko yang ada akibat kelalaian Anda menjaga keamanan dan kerahasiaan sebagaimana
disebutkan ditanggung oleh Anda sendiri. Dalam hal demikian, Kami akan menganggap setiap
penggunaan atau pesanan yang dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari
Anda.
Segera beritahukan Kami jika Anda mengetahui atau menduga bahwa Akun Anda telah digunakan
tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Kami akan melakukan tindakan yang Kami anggap
perlu dan dapat Kami lakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.
2. Pentautan Akun (Account Linking)
Anda dapat menautkan akun Perawat ID anda dengan platform pihak ketiga untuk mengakses fitur-fitur tertentu, termasuk pentautan akun, loyalty program, dan mengakses layanan atau produk yang tersedia di platform Kami atau platform pihak ketiga
3. Deaktivasi Akun dan Unlinking Akun
Jika Anda ingin melakukan deaktivasi akun Perawat ID anda atau melakukan unlink terhadap akun Perawat ID anda dan platform pihak ketiga, anda dapat mengakses opsi tersebut dalam Aplikasi Perawat ID atau mengirimkan permintaan anda secara langsung ke kantor@perawat.id.
4. Pernyataan Anda
Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah berusia minimal 18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan dan Anda secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan tersebut namun tetap mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran, Anda menyatakan dan menjamin bahwa tindakan Anda membuka, mengakses atau melakukan aktivitas lain dalam Aplikasi telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda. Anda secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Anda berikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini pada waktu Anda dianggap telah dewasa secara hukum.
Anda setuju untuk mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan, Konten Pihak Ketiga,
Penawaran atau Metode Pembayaran hanya untuk tujuan sebagaimana ditentukan dalam Syarat dan
Ketentuan ini dan tidak menyalahgunakan atau menggunakan Aplikasi, Layanan, Konten Pihak
Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran untuk tujuan penipuan, menyebabkan ketidaknyamanan
kepada orang lain, melakukan pemesanan palsu atau yang tindakan-tindakan lain yang dapat
atau dianggap dapat menimbulkan kerugian dalam bentuk apapun terhadap orang
lain.
Anda memahami dan menyetujui bahwa seluruh resiko yang timbul dari penggunaan
Aplikasi, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan Metode Pembayaran sepenuhnya menjadi
tanggung jawab Anda dan Anda dengan ini setuju untuk melepaskan Kami dari segala tuntutan
apapun sehubungan dengan kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem yang
disebabkan oleh akses tidak resmi oleh pihak lain.
Anda memahami bahwa Aplikasi menggunakan data dari layanan dan konten Google Maps, dan
dengan menggunakan Aplikasi, anda setuju untuk mematuhi ketentuan layanan Google Maps
berikut:
Anda secara tegas membebaskan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada, pejabat, direktur, komisaris, karyawan dan agen Kami, dari dan atas setiap dan semua kewajiban, konsekuensi, kerugian baik materiil atau immateriil, tuntutan, biaya-biaya (termasuk biaya advokat) atau tanggung jawab hukum lainnya yang timbul atau mungkin timbul akibat pelanggaran Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini maupun sehubungan dengan tindakan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Dikecualikan dari ketentuan di atas, jika terdapat kerugian langsung akibat pelanggaran Kami terhadap Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda setuju dan secara tegas membatasi jumlah tuntutan Anda sebesar jumlah keseluruhan kerugian yang senyatanya ditimbulkan atau telah dibayarkan sehubungan dengan peristiwa tersebut.
ANDA MENGAKUI BAHWA KAMI ADALAH PERUSAHAAN TEKNOLOGI, BUKAN PERUSAHAAN KESEHATAN, RUMAH SAKIT, DAN LAIN-LAIN DAN KAMI TIDAK MEMBERIKAN LAYANAN KESEHATAN, RUMAH SAKIT, DAN LAIN. SEMUA LAYANAN KESEHATAN, RUMAH SAKIT, DAN LAYANAN LAIN DISEDIAKAN PIHAK KETIGA INDEPENDEN YANG TIDAK DIPEKERJAKAN OLEH KAMI.
DENGAN MELANJUTKAN AKSES ATAU PENGGUNAAN TERHADAP APLIKASI PERAWAT ID, ANDA SETUJU UNTUK TUNDUK DAN MEMATUHI SEMUA KETENTUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU DAN SYARAT DAN KETENTUAN INI, TERMASUK SEMUA PERUBAHANNYA DAN SYARAT DAN KETENTUAN DARI SETIAP PENYEDIA LAYANAN, PENYEDIA KONTEN PIHAK KETIGA, PENYEDIA PENAWARAN ATAU PENYEDIA METODE PEMBAYARAN. SEGERA HENTIKAN AKSES ATAU PENGGUNAAN APLIKASI PERAWAT ID DAN/ATAU LAYANAN JIKA ANDA TIDAK SETUJU DENGAN BAGIAN APAPUN DARI SYARAT DAN KETENTUAN INI.
5. Tanggung Jawab Anda
Anda bertanggung jawab penuh atas keputusan yang Anda buat untuk menggunakan atau mengakses Aplikasi, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran. Anda harus memperlakukan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan Penyedia Metode Pembayaran dengan hormat dan tidak boleh terlibat dalam perilaku atau tindakan yang tidak sah, mengancam atau melecehkan ketika menggunakan Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran.
Anda bertanggung jawab secara penuh atas setiap kerugian dan/atau klaim yang timbul dari
penggunaan Aplikasi, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran melalui
Akun Anda, baik oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan Akun Anda, dengan cara yang
bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, termasuk syarat dan
ketentuan dan kebijakan privasi lain yang ditentukan oleh Penyedia Layanan, Penyedia Konten
Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan Penyedia Metode Pembayaran, atau Peraturan
Perundang-undangan yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas untuk tujuan anti pencucian
uang, anti pendanaan terorisme, aktivitas kriminal, penipuan dalam bentuk apapun (termasuk
namun tidak terbatas pada kegiatan phishing dan/atau social engineering),
pelanggaran hak kekayaan intelektual, dan/atau aktivitas lain yang merugikan publik dan/atau
pihak lain manapun atau yang dapat atau dianggap dapat merusak reputasi Kami.
D. APA YANG PERLU ANDA PAHAMI TENTANG KEKAYAAN INTELEKTUAL KAMI?
1. Kekayaan Intelektual
Aplikasi dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain,
merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta,
merek, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik
Indonesia yang terdaftar baik atas nama Kami ataupun afiliasi Kami. Kami (dan pemberi
lisensi Kami) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Aplikasi dan Layanan, termasuk
seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya dan
hak kekayaan intelektual terkait.
Tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, Kami
memberikan Anda lisensi terbatas yang tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat
dialihkan (tanpa hak sublisensi) untuk (i) mengunduh, mengakses, dan menggunakan Aplikasi,
sebagaimana adanya, hanya pada perangkat berupa telepon genggam dan/atau tablet pribadi Anda
dan hanya untuk keperluan terkait penggunaan Layanan, dan (ii) mengakses atau menggunakan
konten, informasi dan materi terkait yang tersedia pada Aplikasi hanya untuk kepentingan
pribadi dan bukan tujuan komersial. Hak dan hak istimewa lainnya yang tidak secara tegas
diberikan dalam Syarat dan Ketentuan ini, adalah hak Kami atau pemberi lisensi Kami.
Setiap penggandaan, distribusi, pembuatan karya turunan, penjualan atau penawaran untuk menjual, penampilan baik sebagian atau seluruhnya, serta penggunaan Aplikasi dan/atau Layanan, baik secara digital atau lainnya atau pada perangkat selain telepon genggam atau tablet, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi tambahan seperti aplikasi modifikasi, emulator, dan lain-lain, yang menyimpang dari Syarat dan Ketentuan ini, maupun tujuan penggunaan yang ditentukan oleh Kami, merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
Anda tidak boleh:
E. PENYELESAIAN MASALAH DAN SENGKETA
1. Penyelesaian Masalah
Apabila Anda mengalami gangguan sistem, mengetahui atau menduga bahwa Akun Anda diretas, digunakan atau disalahgunakan oleh pihak lain, atau apabila perangkat telepon genggam atau tablet pribadi Anda hilang, dicuri, diretas atau terkena virus, segera laporkan kepada Kami sehingga Kami dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penggunaan, penyalahgunaan, atau kerugian yang timbul atau mungkin timbul lebih lanjut.
Apabila Anda mengalami kendala atau masalah terkait Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau pembayaran melalui Metode Pembayaran, atau perlakuan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran Anda dapat menyampaikan keluhan Anda melalui fitur yang Kami sediakan, termasuk pemberian peringkat dan komentar, atau dengan menghubungi Kami.
Untuk menyampaikan keluhan, pertanyaan, sanggahan, dan lain-lain (“Laporan”), Anda perlu memberikan informasi yang cukup, termasuk namun tidak terbatas pada, ringkasan fakta yang terjadi, bukti-bukti yang Anda miliki, nomor pesanan, dan informasi pribadi, seperti alamat surat elektronik dan nomor telepon genggam terdaftar.
Untuk menanggapi setiap Laporan yang Anda sampaikan, Kami akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mencocokan informasi yang Anda berikan dan informasi pribadi Anda yang terdapat dalam sistem Kami. Jika diperlukan, Kami dapat secara langsung meminta Anda memberikan informasi yang diperlukan untuk tujuan verifikasi.
Kami dapat menolak untuk menindaklanjuti Laporan Anda jika informasi yang Anda berikan tidak cocok dengan informasi pribadi yang terdapat dalam sistem Kami atau apabila Laporan disampaikan terkait, terhadap, atas nama atau oleh pihak lain yang berbeda dengan pemilik Akun yang bersangkutan yang terdaftar secara resmi pada sistem Kami. Kami dapat memberhentikan tindak lanjut terhadap Laporan Anda jika Kami, dengan kebijakan Kami sepenuhnya, menganggap bahwa Laporan Anda tidak didukung oleh fakta-fakta yang cukup dan jelas, atau telah selesai. Kami juga dapat meneruskan Laporan Anda kepada Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran untuk diselesaikan secara langsung oleh Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Terhadap Laporan tertentu terkait Layanan, Kami dapat, dengan kebijakan Kami sepenuhnya, memfasilitasi pertemuan antara Anda dan Penyedia Layanan untuk tujuan penyelesaian masalah secara damai dan kekeluargaan. Dalam hal demikian, jika Anda merasa tetap perlu mengambil tindakan lain, termasuk tindakan hukum apapun, Anda dapat melakukannya atas tanggung jawab pribadi Anda sepenuhnya.
Terhadap Laporan tertentu terkait Metode Pembayaran, Kami dapat mengembalikan dana Anda melalui cara yang ditentukan oleh Kami atau bersama-sama dengan Penyedia Metode Pembayaran, berdasarkan kebijakan Kami sepenuhnya. Kami tidak akan mengembalikan dana kepada pihak lain yang berbeda dengan kredensial terdaftar pada Akun Perawat ID atau Penyedia Metode Pembayaran, termasuk apabila Anda menggunakan kredensial pihak lain untuk melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran.
2. Pembekuan Sementara dan Pembekuan Permanen Akun Perawat ID
Anda dapat menghapus Aplikasi dari telepon genggam dan/atau tablet Anda setiap saat. Kami tidak memiliki kewajiban apapun kepada Anda terhadap hal-hal yang timbul sejak penghapusan Aplikasi, pembekuan sementara atau pembekuan permanen Akun Anda. Akan tetapi, Anda tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban Anda yang telah timbul, termasuk namun tidak terbatas pada, setiap kewajiban yang mungkin timbul akibat adanya sengketa, tuntutan, maupun tindakan hukum lainnya yang telah ada, sebelum tanggal penghapusan Aplikasi, pembekuan sementara atau pembekuan permanen Akun Anda.
Akun Anda dapat dibekukan untuk sementara waktu atau dapat dibekukan secara permanen karena hal-hal, termasuk namun tidak terbatas pada, sebagai berikut:
Jika Akun Anda dibekukan dan Anda memiliki bukti yang jelas bahwa Akun Anda seharusnya tidak dibekukan, Anda dapat membuat Laporan kepada Kami untuk menyampaikan bukti-bukti tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Laporan Anda, Kami akan, atas kebijakan Kami sepenuhnya, menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pembekuan terhadap Akun Anda. Pembekuan tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pembekuan telah diselesaikan
Anda tidak akan menggunakan Aplikasi pada perangkat atau sistem operasi yang telah dimodifikasi diluar perangkat atau konfigurasi sistem operasi dan konfigurasi Perawat ID. Hal ini mencakup perangkat yang telah melalui proses “rooted” atau “jail-broken”. Perangkat rooted atau jail-broken adalah perangkat yang telah dibebaskan dari pembatasan yang dikenakan oleh penyedia layanan perangkat dan yang dimanufaktur tanpa persetujuan penyedia layanan perangkat. Penggunaan Aplikasi pada perangkat rooted atau jail-broken dapat mengkompromisasi keamanan dan berujung pada transaksi penipuan.
Perawat ID tidak bertanggung jawab atas pengunduhan dan penggunaan Aplikasi pada perangkat rooted atau jail-broken dan resiko penggunaan anda terhadap perangkat rooted atau jail-broken sepenuhnya adalah resiko anda. Anda mengerti dan setuju bahwa Perawat ID tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan atau setiap konsekuensi lain yang diderita atau disebabkan oleh anda sebagai akibat dari penggunaan aplikasi Perawat ID pada perangkat rooted atau jail-broken dan Kami mempunyai diskresi untuk menghentikan Penggunaan Anda terhadap Aplikasi pada perangkat rooted atau jail-broken dan memblokir perangkat rooted atau jail-broken untuk menggunakan Aplikasi.
3. Tindakan yang Kami Anggap Perlu
Apabila Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah melakukan tindakan asusila, pelanggaran, kejahatan atau tindakan lain yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, baik yang dirujuk dalam Syarat dan Ketentuan ini atau tidak, maka Kami berhak untuk dan dapat membekukan Akun, baik sementara atau permanen, atau menghentikan akses Anda terhadap Aplikasi, termasuk Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan/atau Metode Pembayaran yang terdapat di dalamnya, melakukan pemeriksaan, menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang dan/atau mengambil tindakan lain yang kami anggap perlu, termasuk tindakan hukum pidana maupun perdata.
Kami akan menindaklanjuti dengan melakukan investigasi dan/atau memfasilitasi Penyedia Layanan yang bersangkutan untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila Kami menerima Laporan adanya pelanggaran yang Anda lakukan atas Syarat dan Ketentuan ini ataupun pelanggaran terhadap Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, sehubungan dengan:
Ketentuan ini berlaku sebaliknya Ketika Anda mengalami kekerasan yang sama yang disebutkan di atas oleh Penyedia Layanan.
4. Batasan Tanggung Jawab Kami
Kami menyediakan Aplikasi sebagaimana adanya dan Kami tidak menyatakan atau menjamin bahwa keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari Aplikasi dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan Anda, termasuk namun tidak terbatas pada Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan Metode Pembayaran yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan Penyedia Metode Pembayaran. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh setiap kegagalan atau kesalahan yang dilakukan oleh Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran ataupun kegagalan atau kesalahan Anda dalam Syarat dan Ketentuan Kami, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Aplikasi dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat Anda, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
Kami tidak berkewajiban untuk mengawasi akses atau penggunaan Anda atas Aplikasi. Namun, Kami tetap melakukan pengawasan untuk tujuan memastikan kelancaran penggunaan Aplikasi dan untuk memastikan kepatuhan terhadap Syarat dan Ketentuan ini, Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.
Kami tidak mempunyai kewajiban apapun, termasuk untuk mengambil tindakan lebih jauh atau tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Anda, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, terhadap setiap permasalahan atau sengketa yang timbul antara Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran. Tetapi, Kami akan memfasilitasi setiap permasalahan atau sengketa yang timbul antara Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran dengan upaya wajar yang diperlukan. Ketika Kami memfasilitasi penyelesaian permasalahan atau sengketa antara Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, Kami tidak bertindak sebagai mediator dan hal tersebut tidak menimbulkan kewajiban lebih jauh apapun terhadap Kami.
5. Keadaan Kahar
Aplikasi dapat diinterupsi oleh kejadian di luar kewenangan atau kontrol Kami (“Keadaan Kahar”), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Anda setuju untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan dan tanggung jawab, jika Kami tidak dapat memfasilitasi Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Anda berikan melalui Aplikasi, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu Keadaan Kahar.
6. Hukum yang Mengatur
Syarat dan Ketentuan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia.
7. Sengketa
Setiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan Aplikasi atau Layanan tunduk pada yurisdiksi eksklusif Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
F. HAL LAIN YANG PERLU DIPERHATIKAN
1. Lain-lain
G. Hubungi kami
1. Cara Menghubungi Kami
Anda dapat menghubungi Kami melalui surat elektronik ke kantor@perawat.id atau melalui telepon ke nomor 081242834378. Semua korespondensi Anda akan dicatat, direkam dan disimpan untuk arsip Kami.